TransportasiBeritaNasional

Tim Kompolnas Pantau Persiapan Operasi Ketupat dan Keamanan Mudik Lebaran 2024 di Jatim

20131
Kompolnas Lakukan Pemantauan Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Polda Jatim
Kompolnas Lakukan Pemantauan Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Polda Jatim

Headline.co.id, Jawa Timur ~ Menjelang libur panjang Idul Fitri, Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja untuk memantau persiapan Operasi Ketupat dan pengamanan mudik Lebaran 2024. Tim yang dipimpin oleh Anggota Kompolnas, Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, M.M., didampingi H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H., bersama Kombes Pol. Joko Purwanto, S.H., S.I.K., Briptu Iqbal Prasetia Gunawan, dan Syaifulloh, melakukan kunjungan pada Kamis, (04/04/2024).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Ayam Kampus? hingga Misteri Di Balik Istilah Ayam Kampus

Kunjungan kerja tersebut dimulai dengan rapat zoom bersama manajemen Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), yang dihadiri oleh Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Menteri Perhubungan Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, dan Panglima TNI H. Agus Subianto, S.E., M.Si. Dalam rapat tersebut, mereka menekankan pentingnya persiapan jalur pelabuhan Ketapang-Gilimanuk sebagai jalur utama pemudik di Jatim untuk memastikan keamanan dan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Kapolri juga menyoroti pentingnya keselamatan pemudik, khususnya dalam pengamanan di Jawa Timur. “Jalur pelabuhan Ketapang-Gilimanuk yang menjadi jalur utama bagi pemudik di Jatim, mohon dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar masyarakat betul-betul terlayani sehingga keamanan pemudik dapat tercapai,” tegasnya.

Selanjutnya, Tim Kompolnas menuju Pelabuhan Tanjung Perak, disambut oleh Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan KSOP Utama Capt. Heru Susanto beserta jajarannya. Mereka melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan pelayanan mudik lebaran 2024 di terminal penumpang kapal. Hal ini meliputi jumlah armada, kekuatan personil, rencana operasi pengamanan, dan data teknis lainnya.

Baca juga: Memetakan Jalur Rawan Mudik: Polres Bantul Siap Amankan Lebaran 2024

Tak hanya itu, Tim Kompolnas juga memeriksa kondisi ruang tunggu penumpang dan kondisi kapal. Irjen Pol. Drs. Pudji Hartanto Iskandar, mengapresiasi kesiapan manajemen ASDP pelabuhan dalam melayani pemudik lebaran. Ia terus menekankan pentingnya sistem operasi K3I, yaitu; koordinasi, komunikasi, dan kendali atas informasi dari semua unsur.

“Komunikasikan informasi yang diperlukan dengan baik kepada para pemudik,” pesannya.

H. Mohammad Dawam menambahkan bahwa kendali operasi ada di pundak unsur pimpinan. “Oleh karena itu, seluruh jajaran anggota diharapkan memberikan informasi yang benar, akurat, dan tidak menyesatkan kepada unsur pimpinan di masing-masing instansi yang terlibat agar tercapai sistem operasi pengamanan mudik lebaran 2024 yang terkoordinasi dengan baik,” tutup Dawam mengakhiri pesannya pada Jumat 05/04/2024.

Terimakasih telah membaca Tim Kompolnas Pantau Persiapan Operasi Ketupat dan Keamanan Mudik Lebaran 2024 di Jatim semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca berita lainnya di Headline.co.id atau bisa juga baca berita kami di Google News Headline dan ikuti berita terbaru di Chanel WA Headline.

Baca juga: Dirgakkum Polri Buka Rapat Distribusi Insentif Petugas Tilang T.A 2024

Exit mobile version