Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaNasionalPemerintah

Rawan Longsor, BPBD Banjarnegara Tanam Pohon di Beberapa Titik

220
×

Rawan Longsor, BPBD Banjarnegara Tanam Pohon di Beberapa Titik

Sebarkan artikel ini
Relawan Desa Bojanegara, Sigaluh, Banjarnegara menanam akar wangi atau vetiver di lokasi yang pernah terjadi longsor.
Relawan Desa Bojanegara, Sigaluh, Banjarnegara menanam akar wangi atau vetiver di lokasi yang pernah terjadi longsor. (Foto: BPBD Banjarnegara)

HeadLine.co.id, (Banjarnegara) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan penanaman akar wangi atau vetiver di sejumlah lokasi rawan longsor. Hal ini merupakan salah satu upaya mereka untuk mengurangi risiko saat bencana.

Andri Sulistyo selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mengatakan bahwa menanam pohon menjadi salah satu agenda utama mereka.

“Menanam pohon menjadi salah satu agenda utama kami dalam upaya pengurangan risiko atau mitigasi bencana, salah satunya dengan menanam akar wangi atau vetiver yang kami yakini dapat efektif mengurangi potensi longsor,” ucapnya pada Sabtu (21/02).

Baca Juga: Insiden Pramuka Susur Sungai, Sri Sultan HB X: Sekolah Harus Bertanggungjawab

Ia berharap dengan menanam pohon di banyak lokasi yang rawan longsor, namun hal itu tentu saja perlu dilalukan secara bertahap.

Ia juga mencontohkan desa lain yang juga melakukan kegiatan serupa yakni di Desa Bojanegara, Kecamatan Sigaluh.

“Penanaman dilakukan oleh relawan desa, dan kami ikut serta memfasilitasi bibit tanamannya. Penanaman dilakukan di lokasi yang sebelumnya pernah terjadi longsor, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya longsor kembali,” paparnya.

Baca Juga: Supir Angkot Hendak Perkosa Mahasiswi Kedokteran Unpad Berhasil Diringkus Polisi

BPBD Banjarnegara sebelumnya telah menanam ribuan pohon dengan bermacam jenis sejak tahun 2015 lalu.

“Misalkan pohon aren, sonokeling, mahoni, akasia, trembesi dan pohon-pohon seperti pete, jengkol, durian, kelengkeng dan lain sebagainya. Selain itu pada tahun 2019 kami juga mulai menanam pohon vetiver atau akar wangi,” jelasnya.

Dia menambahkan ribuan pohon akar wangi juga telah ditanam di daerah-daerah yang pernah terjadi longsor seperti di daerah Jemblung dan di pinggir jalan di daerah Paweden.

“Kami juga mulai menanam di Desa Mlaya di lereng-lereng yang sering terjadi longsor dan sering menutupi jalan kabupaten,” katanya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif melakukan penanaman pohon guna mencegah terjadinya longsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tanah Berlubang di Rongkop Gunungkidul
Daerah

Headline.co.id, Gunungkidul, 24 Januari 2024 – Kecemasan melanda warga Padukuhan Wuni, Kalurahan Melikan, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, setelah dua lubang misterius muncul dari tanah yang tiba-tiba amblas. Badan Penanggulangan Bencana…