Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
NasionalPolitik

Pengamat Politik: Terpilihnya Zulkifli Hasan Mampu Tunrunkan Suhu Politik

233
×

Pengamat Politik: Terpilihnya Zulkifli Hasan Mampu Tunrunkan Suhu Politik

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Foto: ANtara/Rivan

Headline.co.id (Jakarta) ~ Tepilihnya Zulkifli Hasan atau pria yang kerap di sapa Zulhas sebagai Ketua Unum DPP Partai Amanat Nasional Periode 2020-2025 akan menurunkan suhu politik di internal patrai berlambang matahari.

baca juga: Kurang Tidur Tingkatkan Resiko Diabetes

Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing dalam keterangan tertulis, Rabu (12/2), menyampaikan pasca kemenangan Zulhas, suhu politik di Kongres V PAN hampir dapat pastikan akan menurun drastis.

Sebelumnya suhu politik di internal partai tersebut semoat memanas saat Kongres V PAN yang dilaksanakan di Kota Kandari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kericuhan terjadi antara tim pendukung Mulfachri Harahap dan Zulkifli Hasan di ruang sidang kongres. Dua kubu pendukung saling lempar kursi dan botol air mineral yang ada di ruangan sehingga mengakibatka puluhan kader dari kedua kubu mengalami luka-luka.

baca juga: Kongres PAN di Kendari Ricuh

Menurut Emrus, dengan terpilihnya Zulhas sebagai ketua umum, para faksi dan aktor politik yang sebelumnya berselisih akan melakukan komunikasi politik yang sejuk dalam rangka berbagi peran dalam struktur kepengurusan partai.

Sebagai aktor politik, mereka tidak akan bisa lepas dari keinginan “berkuasa” di internal partai. Para pihak tersebut diyakini akan mencoba mendekatkan diri dengan Zulhas sebagai ketua umum terpilih.

Berdasarkan prediksinya, Zulhas akan berusaha semaksimal mungkin menempatkan anggota atau kader di struktur organisasi partai yang dapat menjalankan kepentingan politik Zulhas dan perjuangan politik PAN sebagai partai politik yang berkompetisi dengan partai lain dalam suatu kontestasi politik.

“Bahkan para aktor politik yang tidak memilih Zulhas sebagai ketua umum dipastikan akan melakukan kalkulasi politik secara matang dengan meleburkan diri,” ujar Emrus.

baca juga: Presiden Sampaikan Komitmen Indonesia Ramah Investasi dalam Forum Bisnis

Ia juga menambahkan, atas kalkulasi itu, mereka menilai akan lebih menguntungkan baginya bila menjadi bagian dari garis politik Zulhas.

Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai ketua umum setelah pemilihan di kongres berhasil menang dengan jumlah 331 suara dari 563 total suara yang sah.

Calon ketua umum lainnya, yakni Mulfachri Harahap mendapatkan 225 suara, atau kalah 106 suara dari Zulkifli Hasan. Sementara itu, Dradjad Wibowo hanya memperoleh enam suara. Adapun jumlah suara yang tidak sah berjumlah tiga suara.

baca juga: Jangan Ketinggalan, Tiket Kereta Api Lebaran 1441 H Bisa Dipesan 14 Februari 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kericuhan pada Kongres PAN di Kendari merupakan sebuah aib demokrasi.
Berita

HeadLine.co.id, (Nasional) – Amien Rais pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya mengomentari Kongres PAN ke-5 yang diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memperlihatkan kebobrokan demokrasi di tubuh partai tersebut….

Kongres PAN Ricuh di Kendari Sulawesi Tenggara.
Berita

HeadLine.co.id, (Kendari) – Kongres PAN yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara berakhir ricuh. Kongres tersebut digelar di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara pada Selasa (11/02). Kericuhan tersebut terjadi saat rapat…