Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
BeritaHukumNasionalTransportasi

PT KAI Berhasil Amakan Pencuri Material Sarana dan Prasarana KA di Palembang

293
×

PT KAI Berhasil Amakan Pencuri Material Sarana dan Prasarana KA di Palembang

Sebarkan artikel ini
IMG 20200123 WA0029
Penderol atau kait rel yang dicuri dari Prasaranan Kereta Api menjadi alat bukti di Kepolisian.

HeadLine.co.id, (Palembang) – PT KAI (Persero) sangat menyayangkan ulah oknum yang melakukan pencurian Sarana dan Prasarana kereta api. Seperti salah satunya yang terjadi di wilayah Divre III Palembang dimana skelompok pencuri mengambil Pendrol dari rel.

Pendrol atau bisa disebut kait rel merupakan salah satu elemen prasarana sangat penting untuk menunjang keselamatan operasional Kereta Api.

Pendrol sendiri berfungsi untuk mengunci rel yang akan di lewati kereta api yang memiliki beban yang sangat berat. Pendrol ini terletak secara rapi di sepajang rel ka dengan standar kontruksi yang telah memenuhi persyaratan untuk mendukung keselamatan.

Baca Juga: 36 Tahun Tak Aktif, KAI Uji Coba Lokomotif Jalur Kereta Stasiun Cibatu-Garut Kota

Hilang atau rusaknya pendrol memiliki resiko yang sangat membahayakan perjalanan kereta api karena, rel bisa geser dan membuat kereta baik itu kereta barang maupun kereta penumpang terguling karena rel tidak terikat dengan kuat.

Aida Suryanti Manager Humas Divre III Palembang, menyampaikan di Divre III Palembang masih terjadi pencurian material prasarana dan sarana kereta api diantaranya pendrol, rel, kawat sinyal, semboyan 21 yang keberadannya sangat penting dalam operasional KA dan berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan kereta api.

Banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keutungan pribadi secara sadar maupun tidak sadar telah membahayakan ribuan nyawa yang diangkut dengan kereta api maupun barang yang diangkut untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, diantara nya KA BBM, KA semen, KA batubara untuk pasokan pembangkit listrik Suryalaya.

“Untuk kerugian material memang ada. Tetapi kami lebih menyoroti soal bahaya yang lebih besar. Ini terkait keselamatan perjalanan kereta api, jadi kerugiannya tidak bisa hanya dinilai dengan uang,” tegas Aida.

Baca Juga: PT KAI Daop 8 Surabaya bersama Masyarakat Gelar Kerja Bakti Sepanjang Jalur Rel

Aida menambahkan, di awal tahun 2020, Divre III telah berhasil mengamankan pelaku pencurian pendrol yang berada di wilayah Payakabung, Ogan Ilir. Penangkapan ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi yang baik dari jajaran unit Pengamanan PT KAI Divre III Palembang dan jajaran kepolisian Polres Ogan Ilir serta masyarakat sekitar.

Pelaku pencurian tersebut saat ini sudah berada di Kepolisian Resort Ogan Ilir dan akan di proses pidana. Aida menjelaskan selama tahun 2019 telah terjadi 5 pencurian yang diproses hukum dengan hukuman kurang lebih 2 tahun penjara karena melakukan pencurian rel maupun pendrol serta 16 kasus pencurian yang masih dalam penyelidikan.

PT KAI pun melakukan serangkaian langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang. Karena Divre III Palembang dengan wilayah operasional yang sangat luas yakni berada disepanjang rel Kereta Api dari Kertapati sampai Lubuk Linggau tentulah hal yang tidak mudah menjaga objek vital ini.

Dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api tentu nya PT KAI Divre III Palembang tidak dapat mengamankan sendiri. Selama ini pengamanan objek vital ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan serta bantuan dari masyarakat yang berada di sekitar rel.

“PT KAI (Persero) Divre III Palembang sangat mengapresiasi atas dukungan dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, khususnya Kepolisian Resort di sepanjang wilayah operasional dan masyarakat selama tahun 2019 dan mengajak untuk terus menjaga perjalanan kereta api di tahun 2020.”tutup Aida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *