by

Ribuan Pesilat dari Berbagai Dunia Padati Malioboro

Headline.co.id (Yogyakarta) ~ Ribuan pesilat dari dalam maupun luar negeri ikut merampaikan event Pencak Malioboro Festival (PMF) ke-6 di kawasan Malioboro Yogyakarta. para pesilat melakukan unjuk kebolehan pada event yang berlangsung pada 6-8 September 2019.

Ini bertujuan membangkitkan, melestarikan, dan mempopulerkan kembali pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.

Kompetisi koreografi dalam Acara PMF 2019 ini merebutkan piala tahunan Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Sedangkan tujuannya adalah agar para praktisi pencak silat dapat terus mengasah kreativitas dan terus berinovasi dalam mengemas pencak silat menjadi sebuah pertunjukan yang menarik bagi masyarakat umum, sehingga mau mengetahui apa dan bagaimana pencak silat itu sebenarnya.

Penampilan pencak silat rumah ceria down syndrome by Potads
Penampilan pencak silat rumah ceria down syndrome by Potads

Acara yang digelar di Plaza Serangan Oemoem Satu (SO1) Maret mulai Jumat hingga Sabtu (6-7/9/2019) itu akan mempertunjukkan aplikasi dan jurus-jurus pencak silat oleh guru pencak silat atau pendekar pencak silat. Selain itu, akan ada acara Ayo Menggambar Pencak Silat untuk Anak-anak, Malam Anugerah Pencak Silat, Pencak Wisata Budaya, dan Pawai Raya Pencak Silat.

kompetisi koreografi pencak silat itu juga akan diikuti tim pesilat dari Singapura. Sedangkan kegiatan pencak wisata budaya yang dikhususkan bagi warga negara asing diikuti 30 orang dari Malaysia, Singapura, Australia, Hungaria, dan Jepang.

Sedangkan Pawai Raya Pencak Silat akan diselenggarakan hari Minggu (8/9)  dan diikuti lebih dari 6.000 pesilat dan pemerhati dari 53 perguruan di Nusantara. Sebelum pawai berlangsung, nantinya akan dilakukan doa dan ikrar Indonesia damai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed