by

Edi Sukmoro Resmikan Ruang Tunggu dan Peron KA Bandara di Stasiun Solo Balapan

HeadLine.co.id, (Solo) – Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro meresmikan ruang tunggu dan peron Kereta Api Bandara di Stasiun Solobalapan pada Kamis (29/08). Peresmian ini juga dihadiri oleh Walikota Solo, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI (Persero), Direktur Utama PT KAI Property Manajemen dan Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta beserta jajarannya.

Edi Sukmoro mengatakan pembangunan ruang tunggu dan peron KA Bandara ini untuk mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan konektivitas antar moda serta memberikan pelayanan kepada penumpang dalam menggunakan transportasi KA.

Dirut PT KAI (Persero) Edi Sukomoro memberikan kata sambutan dalam peresmian ruang tunggu KA Bandara Stasiun Solo Balapan. (Foto: TomoSu)

“Keberadaan Ruang Tunggu dan Peron KA Bandara di Stasiun Solobalapan yang terkoneksi dengan moda transportasi lain tentunya dapat dijadikan model transportasi yang ideal untuk menjawab masalah transportasi di masa mendatang,” tambahnya.

Bangunan yang terletak di sisi utara Stasiun Solobalapan ini terdiri dari dua lantai dengan luas 928,7 meter persegi serta panjang 152,9 meter untuk Peron atau lantai pertama. Luas ruang tunggu yang terletak di lantai dua yakni 1.212,36 meter persegi dengan panjang 157,7 meter. Bangunan ini juga dilengkapi dengan tiga unit eskalator, dua unit Elevator dan automatic door untuk memanjakan calon penumpang yang akan naik KA Bandara. Selain itu juga terdapat fasilitas lain seperti Musholla, toilet, AC Standing serta AC Split.

Direktur Utam KA Property Management Dwiyana Slamet Riyadi melaporkan secara sekilas terkait pembangunan KA Bandara Solo Balapan. (Foto: TomoSu)

 

Kapasitas bangunan tersebut cukup besar, untuk lantai pertama dapat menampung hingga 400 orang sedangkan lantai kedua dapat menampung sekitar 300 calon penumpang KA Bandara.

Ruang tunggu dan peron KA Bandara terkoneksi dengan moda transportasi lainnya yakni bus melalui Terminal Tirtonadi yang dihubungkan dengan skybridge sekaligus menghubungkan tiga bandara yakni Adi Soemarmo Surakarta, Adisutjipto Yogyakarta serta Bandara Yogyakarta International Airport di Kulonprogo. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses transportasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed