by

Mobil Seorang Anggota TNI Menabrak Kereta Barang yang Sedang Melaju

HeadLine.co.id, (Cilacap) – Calon istri Lettu Infanteri Angga Pradipta harus mengubur dalam dalam keinginannya untuk menikahi orang terkasih pada hari Sabtu lalu (24/08).

Pasalnya mobil yang dikendarai seorang TNI tersebut menabrak sebuah kereta barang yang sedang melintas di perlintasan kereta api di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, Jawa Tengah.

Kecelakaan lalu lintas ini juga sudah dikonfirmasi oleh Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Supriyanto.

Supriyanto menjelaskan jika masinis kereta barang bernomor CC2061306 bernama Sean Nurohman, sebenarnya sudah memberikan semboyan 35 atau membunyikan klakson di perlintasan kereta api.

Namun sayang, pengemudi mobil tidak mendengar klakson tersebut dan kurang waspada hingga mobil tersebut menabrak kereta barang yang sedang melaju sehingga kecelakaan tak terhindarkan.

Mengutip Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angutan Jalan (LLAJ) pasal 114. Dalam pasal tersebut menjelaskan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur KA dan Jalan, pengemudi wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup.

Pasal lainnya juga diperkuat dengan UU Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Dalam pasal Pasal 124 disebutkan bahwa pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

Peraturan jalan raya yang bersinggungan dengan perkeretaapian dibuat demi menjamin keselamatan perjalanan kereta api serta keselamatan pengguna jalan lainnya.

Sudah saat nya masyarakat menyadari bahwa keselamatan adalah hal yang paling utama. Kuncinya ada pada diri sendiri, tinggal bagaimana sikap dan prilaku kita dijalan raya apakah menjadi orang yang taat aturan atau menjadi orang yang suka melanggar aturan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed