Mutiara Headline
banner 325x300
Kirim Berita Suara Pembaca
Transportasi

Mulai 1 Agustus, Naik KRL di 5 Stasiun ini Hanya bisa dilayani dengan KMT, Stasiun Mana Saja?

329
×

Mulai 1 Agustus, Naik KRL di 5 Stasiun ini Hanya bisa dilayani dengan KMT, Stasiun Mana Saja?

Sebarkan artikel ini
Jadwal dan Harga KRL
KRL : source: ig : @railfans.indonesia

Headline.co.id, (Jakarta) ~ Mulai 1 Agustus PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan memperkenalkan lima stasiun khusus yang akan dilayani dengan transaksi KMT dan kartu uang elektronik bank. 5 stasiun yang akan dilayani menggunakan KMT adalah Stasiun Sudirman, Stasiun Palmerah, Stasiun Cikini, Stasiun Universitas Indonesia, dan Stasiun Taman Kota.

“Lima stasiun tersebut merupakan stasiun dengan proporsi pengguna KMT maupun kartu uang elektronik bank tertinggi,” ungkap Vice President Corporate Communication, PT KCI, Anne Purba dalam keterangan resminya, Selasa (9/7/2019)

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pecinta Kereta Api Indonesia (@railfans.indonesia) pada

Lima stasiun tersebut merupakan stasiun dengan proporsi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu uang elektronik bank tertinggi. Salah satu penggunaan KMT di Stasiun Sudirman telah mencapai angka 90% sedangkan untuk tempat lain di Stasiun UI, Palmerah, dan Cikini jumlahnya mendekati 80%, dan di Stasiun Taman Kota mencapai hampir 60%.

Program ini merupakan bentuk dukungan PT KCI terhadap program pemerintah dan Bank Indonesia untuk mendorong terciptanya cash-less society atau masyarakat yang bertransaksi tanpa uang tunai. Program ini juga untuk mengoptimalkan layanan di lima stasiun tersebut, agar sesuai dengan karakter penggunanya yang semakin banyak menggunakan KMT.

Bagi pengguna baru KRL yang belum tau KMT bisa didapatkan dengan harga lebih murah yaitu Rp 30.000, sudah termasuk saldo Rp 10.000.

Para pengguna KRL yang memiliki KMT maupun kartu uang elektronik bank (Mandiri E-Money, BNI Tap Cash, BRI Brizzi, dan Flazz BCA) tetap dapat menggunakan kartunya seperti biasa di lima stasiun tersebut tanpa ada perubahan ketentuan apapun.

Bagi pengguna Tiket Harian Berjaminan Pergi Pulang (THB PP) tetap dapat keluar (tap out) dari lima stasiun ini dan kemudian naik KRL kembali  (tap in) asalkan sesuai dengan relasi stasiun pergi-pulangnya. Bagi pengguna THB sekali perjalanan hanya dapat keluar (tap out) di lima stasiun tersebut. Di lima stasiun ini, pengguna THB sekali perjalanan juga tidak dapat melakukan pembelian THB, isi ulang relasi, refund jaminan kartu, dan tidak dapat melakukan tap in. Bagi pengguna yang hendak naik KRL dengan THB, bisa menggunakan stasiun-stasiun terdekat yang letaknya sebelum maupun sesudah lima stasiun tersebut. Selama bulan pertama penerapan kebijakan ini, bila ada pengguna yang kesulitan dapat menghubungi petugas layanan di lima stasiun tersebut untuk kemudian dapat dibantu petugas.

melalui media sosial resmi Twitter @commuterline, Instagram @commuterline, Facebook Commuter Line, dan juga Call Center (021)121 PT KCI akan terus melakukan sosialisasi kepada pengguna KRL sampai 1 Agustus nanti. Selain melalui media sosial, sosialisasi juga dilakukan melalui pemasangan banner dan poster yang dipasang di lima stasiun khusus KMT, informasi yang disampaikan oleh Petugas Pelayanan KRL (PPK) di dalam KRL, petugas announcer di stasiun, serta melalui Passanger Information Display (PID) yang ada di dalam KRL. Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan sehingga seluruh pengguna jasa KRL Commuter Line dapat memahami dan mengerti tentang ketentuan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *