by

Jelajahi Spot Instagramable di Hutan Mangrove Kulonprogo

Headline.co.id – Yogyakarta. Saat mendengar kata hutan, bisa jadi pohon-pohon lebat, hewan-hewan liar serta serangkaian pikiran liar lainnya yang hinggap di kepala kita. Tapi itu tidak akan kita temukan di hutan mangrove Kulonprogo.

Di hutan ini, kita akan dimanjakan oleh suasana alam yang sendu, tenang dan bisa menyegarkan pikiran. Berlokasi di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, kita bisa menempuh waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Hutan Mangrove Kulonprogo. (Sumber: Instagram ariwyo)

Apabila kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, kamu bisa menuju jalan Wates – Purworejo. Ikuti arah plang jalan menuju Pantai Congot sampai memasuki Jalan Deandles Kecamatan Temon. Lanjutkan perjalanan menuju arah barat sampai melewati jembatan Sungai Bogowonto.

Sekitar 100 meter dari jembatan, kita berbelok ke arah selatan dan tinggal ikuti saja plang menuju hutan mangrove.

Kita bisa bermain di empat spot yang menarik yaitu Pantai Pasir Kadilangu, Jembatan Api-Api, Maju Lestari dan Wanatirta Pasir Mendit. Area Jembatan Api-Api merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu faktornya yaitu terdapat spot-spot foto yang unik dan indah. Kita juga dapat berkeliling kawasan hutan mangrove dengan naik perahu wisata.

Untuk memasuki wilayah objek wisata ini, kita hanya perlu membayar 2.000 rupiah untuk sepeda motor, 5.000 rupiah untuk mobil dan 10.000 untuk minibus. Sementara untuk masuk ke spot-spot foto, kita hanya perlu menambah biaya 5.000 (hanya bisa berubah sewaktu-waktu).

Hutan Mangrove Kulonprogo. (Sumber: Instagram hanarizkas)

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, ada beberapa fasilitas pendukung seperti tempat parkir luas, kamar mandi, musala, spot selfie, perahu wisata dan warung makan.

Apabila tidak ingin merasa terlalu panas, maka kunjungan sebelum jam 10.00 WIB atau sesudah pukul 15.00 WIB menjadi waktu yang ideal. Sementara jam operasional objek wisata hutan mangrove Kulonprogo dari jam 06.00 sampai 18.00 WIB.

Tidak ada salahnya juga untuk membawa lotion sunblock dan kacamata hitam.

Tentu wisata bukan hanya perkara selfie dan bersenang-senang. Namun semakin dekat dengan alam, kita bisa belajar dan lebih menghargai keseimbangan alam. Jangan lupa buang sampah di tempatnya dan rawat alam kita bersama-sama ya. Salam jalan-jalan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed