by

Jelang Mudik Lebaran, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siapkan Kereta Tambahan

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta yang berkesempatan menjadi salah satu narasumber dari acara “Ranah Publik” yang disiarkan oleh TVRI Yogyakarta. Narasumber lain yang turut diundang dalam acara ini adalah Bambang Sugaib selaku Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUP ESDM DIY serta Harry Agus Triyono selaku Kabid Dalops Dishub DIY dengan pokok bahasan terkait angkutan lebaran 2019.

Momen mudik lebaran ini juga telah dipersiapkan dengan matang oleh dinas dan instansi terkait. Ada beberapa strategi yang telah disiapkan oleh Dinas Perhubungan Yogyakarta untuk memperlancar mudik yakni menyiapkan jalur alternatif, menyempurnakan lampu apil serta menghimbau supaya masyarakat khususnya warga yang sedang berlibur di Yogyakarta untuk tidak parkir di jalan.

“Untuk antisipasi angkutan lebaran kita berusaha memberikan layanan optimal tiap tahun seperti trafic light harus berfungsi dengan baik dan memberikan jalur alternatif supaya dapat mengurai titik kemacetan,” ucap Harry.

Terkait Flyover Kentungan yang dikhawatirkan bertambah macet, Bambang Sugaib menjelaskan bahwa saat ini jalur Flyover kentungan yang akan digunakan pengguna jalan telah diperlebar. “Untuk arus mudik Insya Allah tidak mengalami kemacetan seperti hari biasanya, Pekerjaan juga sudah berhenti hingga H+7,” ungkapnya.

EVP PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto memberikan paparan kepada pemirsa layar kaca TVRI di Yogyakarta dalam persiapan Angkutan Lebaran 2019. (Foto: TomoSu)

Tidak hanya Dishub, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah mempersiapkan angkutan lebaran 2019. Eko Purwanto selalu Executive Vice President Daop 6 menjelaskan bahwa jumlah penumpang mudik lebaran meningkat sebesar empat persen dari tahun lalu. Ia juga menyampaikan terkait penambahan jumlah rangkaian kereta supaya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Permintaan terhadap kereta api cukup tinggi dan karakteristik di Daop 6 penumpang yang turun dan naik hampir sama sehingga menjadi tantangan bagi kami untuk memberikan pelayanan optimal kepada penumpang,” tambahnya.

Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan Daop 6 seperti perluasan ruang tunggu serta fasilitas yang ada di stasiun dan kereta yang telah disiapkan sejak lama. Selain itu PT KAI juga menyiagakan personel keamanan serta petugas tambahan guna melakukan pengecekan jalur kereta selama 24 jam.

Dalam diskusi tersebut seorang penelepon mengapresiasi PT KAI yang telah memberikan potongan harga sebesar 20 persen bagi lansia. Eko menjelaskan bahwa potongan harga tersebut sudah dilakukan sejak beberapa tahun yg lalu dan tarif khusus itu juga berlaku saat mudik lebaran.

Tidak lupa Eko juga menghimbau masyarakat untuk waspada saat melintasi perlintasan kereta api. “Wilayah Daop 6 memiliki 414 perlintasan baik perlintasan resmi maupun tidak resmi. Kami menghimbau masyarakat supaya bersabar dan hati-hati, tengok kanan kiri sebelum melintasi perlintasan kereta supaya aman,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed