by

Daop 6 Yogyakarta Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2019

HeadLine.co.id, (Yogyakarta) – Setiap tahunnya PT KAI melaksanakan gelar pasukan angkutan lebaran. Gelar pasukan dilaksanakan sebagai penanda awal masa angkutan lebaran. PT KAI menetapkan masa posko Angkutan Lebaran tahun 2019 selama 22 hari, mulai 26 Mei 2019 s.d 16 Juni 2019. Di tahun ini, program Angkutan Lebaran 2019 sebanyak 669.416 penumpang meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 643.607 penumpang.

Gelar pasukan angkutan lebaran juga melibatkan beberapa unsur pengamanan terkait seperti Polsuska, TNI-Polri. Merekalah yang terlibat aktif sebagai penjuru keamanan selama angkutan lebaran. Dari unsur Polri juga menyertakan anjing pelacak dalam kesatuan K9. Keberadaan anjing pelacak ini untuk mengoptimalkan operasi pengamanan selama angkutan lebaran.

EVP Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto menyampaikan arahan dari Direktur Utama PT KAI (Persero) dalam gelar pasukan angkutan lebaran 2019.

Dalam arahannya Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto dalam arahannya menyampaikan bahwa pada angkutan lebaran tahun ini, PT KAI Daop 6 menyediakan 8 KA tambahan diantaranya KA Argo Lawu Fakultatif, Argo Dwipangga Fakultatif, Taksaka Pagi Tambahan, Taksaka Malam Tambahan, Lodaya Pagi Tambahan, Lodaya Malam Tambahan, Sancaka Tambahan, dan Mataram Lebaran. Dengan total kapasitas tempat duduk KA Tambahan Lebaran berjumlah 76.398. Selain itu PT KAI juga menambah KA Tambahan Ekstra Lebaran 2019 relasi Purwosari-Pasar Senen dengan nama “Purwosari Tambahan”.

Gelar pasukan angkutan lebaran berlangsung khidmat di halaman sisi timur Stasiun Yogyakarta.

PT KAI juga akan memberikan takjil di stasiun, makanan buka puasa dan makan sahur kepada penumpang kereta api jarak menengah, jarak jauh kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi dari tanggal 26 Mei 2019 s.d 4 Juni 2019.

Seperti dikutip dalam arahan Direktur Utama PT KAI yang disampikan EVP Daop 6 Yogyakarta, bahwa seperti tahun sebelumnya, tahun ini PT KAI juga mendapatkan tugas dari Kementerian Perhubungan untuk menyediakan kereta angkutan motor gratis (motis). Waktu pelaksanaan angkutan motor gratis ini mulai 27 Mei hingga 2 Juni 2019 untuk arus mudik, sedangkan untuk arus balik mulai 8 Juni hingga 13 Juni 2019. Stasiun wilayah Daop 6 yang melayani angkutan motor gratis ialah Stasiun Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari.

PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta siap memberikan pelayanan prima selama angkutan lebaran 2019.

Berbagai persiapan operasional dilakukan oleh PT KAI untuk kelancaran angkutan lebaran tahun ini, diantaranya pengecekan bersama jalur KA dengan Muspida dan Muspika, penyediaan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dititik-titik rawan, pendeteksian secara dini kondisi jalan rel, posko daerah rawan, penjagaan ekstra pintu perlintasan rawan kecelakaan, posko keandalan jaringan komputer dan aplikasi, penyiapan regu terbang (flying gang) prasarana dan sarana yang siaga 24 jam apa bila terjadi gangguan, serta menyiapkan cadangan awak sarana KA di setiap dinasan shift.

Selama masa angkutan lebaran ini, PT KAI Daop 6 juga mengerahkan seluruh pekerja untuk melaksanakan posko angkutan lebaran. Posko Daop 6 terdiri dari Posko Data, Posko Humas, Posko Kesehatan, Posko Pelayanan, Posko IT, Posko Pengamanan, serta Sub Posko di setiap stasiun.

EVP Daop 6 Yogyakarta melakukan pengecekan pasukan dalam gelar pasukan angkutan lebaran 2019.

Selain itu, untuk lebih mengoptimalkan pelayanan dan keamanan masa angkutan lebaran ini, PT KAI Daop 6 juga memperkuat personil pengamanan dari eksternal sebanyak 184 personel yang terdiri dari Polri 134 personel, TNI 38 personel dan K-9 12 personil. Selain itu PT KAI juga menempatkan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 26 orang yang akan di tempatkan di 5 stasiun di wilayah Daop 6, diantaranya Stasiun Yogyakarta,
Lempuyangan, Klaten, Purwosari dan Solobalapan untuk membantu pelayanan penumpang di stasiun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed